100 AKTIVIS PEMUDA ISLAM IKUTI PELATIHAN MANAJEMEN SHOLAT KHUSYU'

Sholat dapat memberikan pengaruh dan kekuatan yang luar biasa serta dapat memberikan manfaat yang sangat banyak kepada pelakunya Makanya, mengerjakan sholat tidak hanya sekedar sambilan, asal-asalan, pas-pasan sekedarnya atau biasa-biasa saja. Dengan kata lain sholat itu mesti di manej (dikelola) dengan baik dan benar. Artinya sholat sama dengan pekerjaan, aktivitas atau kegiatan dunia lainnya, perlu dan harus memiliki suati manajemen yang khusus dan benar seperti disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW “Sholatlah kalian seperti melihat aku mengerjakan sholat” baru akan menghasilkan suatu kesuksesan, pengaruh dan manfaat yang besar bagi pelakunya.

Terkait dengan pelaksanaan Sholat yang benar, Dewan Kemamuran Masjid Raya Bogor bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) Pemerintah Kota Bogor dan Yayasan Al Ikhlas selama dua menggelar pelatihan Manajemen Sholat Menuju Khusu dan Nikmat. Kegiatan yang diikuti 100 aktivis pemuda Islam dari 78 Masjid Kecamatan dan Kelurahan se Kota Bogor tersebut berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu (10-11 Juni 2006) di Masjid Attaqwa Balaikota dan Masjid Al Ikhlas Cisarua Kabupaten Bogor.

Penyelenggaraan pelatihan yang baru pertama kalinya yang dikaitkan dengan memperingati Hari Jadi Bogor ke 524 ini, sebenarnya merupakan amanah yang sangat berat, apalagi yang menyangkut soal sholat, ungkap Agus Al Balawi Ketua penyelenggara pelatihan manajemen sholat menuju khusu dan nikmat. Masalahnya, menurut Agus, yang menjadi materi bagaimana melaksanakan sholat yang benar dan beres.  “Jadi, inilah yang sangat berat bagi kami, Namun, demikian kami berharap semoga pelaksanaan pelatihan kegiatan ini akan mendapatkan bimbingan dan rodho dari Allah SWT”, ungkapnya. Sedangkan materi yang disajikan selama dua hari meliputi antara lain level khusu sholat persiapan, gerakan sampai kepada khusu yang dibaca dalam sholat. Selain itu diisi dengan diskusi seputar sholat, dan muhasabah.

Plh Walikota Bogor H. Dody Rosadi menyambut positif pelatihan ini, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan hari Jadi Bogor ke 524. Apalagi, materi dalam pelatihan berkaitan dengan usaha menyempurnakan salah satu kewajiban ibadah utama sebagai muslim yaitu Sholat. Menurut Dody, sebagai seorang muslim mendirikan sholat hukumnya wajib. Namun, harus senantiasa disadari bahwa kewajiban tersebut tidak hanya sebatas pada gerakan fisik atau bacaan sholat saja, kerena itu diperlukan keikhlasan hati dan kekhusuan dalam mengerjakannya. Sebab, pada dasarnya sholat merupakan cara untuk berhubungan langsung dengan Ilahi. “Kita akan dapat merasakan dengan Allah SWT, apabila benar-benar mampu melaksanakan sholat dengan khusu, dan hanya tertuju padanya,” katanya Karena itu ia berharap kemauan untuk menyempurnakan sholat oleh Umat Islam dapat terus ditingkatkan, agar ibadah sholat bisa benar-benar menjadi sebuah tiang yang kokoh berdirikuat, menopang harkat dan derajat sebagai mahluq mulia. Sebab, Sholat yang khusu pada dasarnya akan mampu membangkitkan seluruh energi positif yang ada pada setiap diri manusia, dan energi postif itulah yang akan membawa setiap manusia memperoleh kemulyaan. (YAN)

Berita dari : Situs Pemerintah Kota Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: