Gerakan Moral

VISI :
Hayya alas shalaah (marilah mengerjakan shalat benar dan khusyu’)


MISI :
Hayya alal falaah (marilah mencapai kemenangan dan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat)

Bentuk Gerakan :
Guna merealisasikan GM SKB ini dan guna terwujudnya visi misi di atas maka diadakanlah program jangka pendek, menengah, dan panjang. Setiap program tersebut terlaksana dalam waktu 7 tahun (program tujuh tahunan). Selanjutnya akan dijabarkan program-program tersebut di bawah ini :

1. program Jangka Pendek
Terhitung mulai dilaksanakan pada Januari 2007, dengan fokus mensosialisasikan dan melaksanakan penyebaran informasi mengenai GM SKB kepada masyarakat (umat) secara luas.
Bentuk kegiatan kerja dalam program jangka pendek ini terialisasi ke dalam kegiatan–kegiatan seperti:

  1. Pertama, penyebaran buku SKIM (shalat khusyu’ itu mudah), penyebaran buku MSKN (menejemen shalat khusyu’ dan Nikmat) atau termasuk dalam bentuk yang lain semacam VCD. Sebagai langkah awalnya, telah dimulai penyebaran buku SKIM dengan target 10.000 eksempelar terjual di bulan Februari, kemudian 20. 000 eksemplar di bulan Maret, lalu 40 eksemplar di bulan April hingga 100. eksemplar di bulan Mei 2007 nanti.
  2. Kedua, dalam bentuk spanduk, brosur, pamflet-pamflet.
  3. Ketiga, Iklan, seperti di radio, TV, Majalah, Koran-koran, dll.
  4. Keempat, dalam acara (seperti : tabligh, talk show, pelatihan, dan ceramah).

Tujuan yang hendak diraih dari tujuan jangka pendek ini yakni agar masyarakat sadar akan pentingnya shalat yang benar dan khusyu’ untuk mengatasi segala macam persoalan kehidupan yang dihadapinya.

2. Program Jangka Menengah

Merupakan program pembinaan kepada masyarakat untuk mensiarkan “hayya alas shalaah” dan ini merupakan sebagai langkah yang lebih besar kedepan yang hendak dicapai.
Guna merealisasikan program jangka menengah ini maka bentuk kegiatannya yaitu melakukan pembinaan melalui pelatihan-pelatihan shalat khusyu’ ke berbagai tingkatan dan level di masyarakat seperti ;

  1. Kepada Ustadz dan imam Masjid.
  2. Ke Instansi dan organisasi-organisasi pemerintah maupun swasta.
  3. Kepada para guru-guru (khusnya para guru agama).
  4. Kepada masyarakat umum (mahasiswa, siswa sekolah, buruh, kaum profesi, dll).

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari program jangka menegah ini yakni agar masyarakat sudah dapat melaksanakan shalat dengan benar dan khusyu’ di dalam setiap shalatnya.

3. Program jangka Panjang

Yaitu bentuk dari pengamalan nilai-nilai shalat dalam kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya tujuan yang hendak dicapai dari program yang sifatnya jangka panjang ini yakni:

  1. Pertama, agar masyarakat sudah dapat mencegah dirinya, keluarga serta lingkungannya dari perbuatan keji dan munkar (QS. : ).
  2. Kedua, Agar nilai-nilai yang tercermin di dalam semua sektor kehidupan masyarakat seperti; apakah di dunia birokrasi, politisi, polisi, militer, ilmuan, buruhm/karyawan, mahasiswa, siswa sekolah, guru/dosen, dll.
  3. Ketiga, agar tercapainya masyarakat yang sakinah, tenteram, damai, dan sukses dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

Dalam program jangka panjang ini dapat direalisasikannya dalam pengamalan yakni dengan membuat model, contoh serta teladan orang-orang yang telah sukses dalam pengamalan nilai-nilai sholat dalam kehidupannya, seperti di para pekerja diperkantoran yang telah sukses setelah diadakannya pembinaan sehingga memotivasi pihak lain untuk mengikuti MSKN (Manajemen Sholat menuju Khusyu’ dan Nikmat).

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: