3. Duduk Tahiyah awal & Tahiyat akhir – Salam

Langkah 12 : Pada rakaat kedua ini, setelah melakukan sujud yang kedua tidak langsung berdiri, namun lakukanlah duduk tahiyat awal seperti duduk diantara sujud kecuali tangan kanannya saja yang berbeda yaitu semua jari mengepal kecuali telunjuk dijulurkan. lalu bacalah dengan perlahan-lahan doanya dengan penuh pemahaman dan penghayatan atas makna-maknanya

ddkdpn ddkblk

Bacaan tahiyat awal : Attahiyyatul Mubarakaatush sholawaatuth thayyibatu lillaah, Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu’alaina wa’alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah, Waasyhadu anna Muhammadan rasuulullaah. Allahhumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘ala aali Muhammad”

Artinya:
“Ya Allah, segala penghormatan, keberkahan, sholawat dan kebaikan hanya milik-Mu ya Allah,- Wahai Nabi selamat sejahatera semoga tercurah kepada Engkau wahai Nabi Muhamma, – semoga juga Rahmat Allah dan Berkah-Nya pun tercurah kepadamu wahai Nabii,- Semoga salam sejahtera tercurah kepada kami dan hamba-hamba-Mu yang sholeh. – Ya Allah aku bersumpah dan berjanji bahwa tiada ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Allah, dan aku bersumpah dan berjanji sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan-Mu Ya Allah. – Ya Allah, limpahkan shalawat-Mu kepada Nabi Muhammad dan limpahkan juga shalawat kepada keluarga Nabi Muhammad”

Langkah 13: jika anda sholat yang ada rakaat ketiganya, maka berdirilah kembali seperti semula dengan tangan bersedekap di dada dan membaca kembali surat Al-Fatihah tanpa perlu membaca surah Alqur’an kembali. Kemudian lakukanlah rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud dan sujud kedua seperti tertulis di depan. Jika ini sholat maghrib, maka pada rokaat ketiga ini anda kemudian melakukan duduk tahiyat akhir. Tetapi jika ini merupakan sholat yang rokaatnya 4, maka ulangi lagi langkah ke-13 ini, baru kemudian melakukan duduk tahiyat akhir.

Melakukan duduk tahiyat akhir seperti duduk tahiyat awal kecuali kaki kiri saja yang berbeda yaitu tidak diduduki tapi dimasukkan ke bawah kaki kanan. Lalu bacalah dengan perlahan-lahan doanya dengan penuh pemahaman dan penghayatan atas makna-maknanya.

ddkakhrblk

Bacaan tahiyat akhir : Setelah baca seperti tahiyat awal dilanjutkan dengan “…. kamaa sholaita ‘ala Ibrahiim wa ‘ala aali Ibrahiim, wa baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa baarakta ‘ala Ibrahiim wa ‘ala aali Ibrahiim, innaka hamiidum majiid.”

Artinya:
“…sebagaimana Engkau telah limpahkan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, dan berkatilah Ya Allah Nabi Muhammad dan berkatilah juga keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberkati Nabi Ibrahim dan juga kepada keluarga Nabi Ibrahim, Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Terpuji lagi Maha Mulia.”

Langkah 14 : Melakukan gerakan salam, yaitu dengan cara menengokkan wajah ke kanan sampai pipi kita dapat terlihat oleh orang di belakang kita, sambil mengucapkan “Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh” yang artinya “Keselamatan bagi engkau, beserta rahmat dan barokah dari Allah”, kemudian diikuti dengan menengokkan wajah ke kiri dengan mengucapkan kalimat salam seperti di atas sekali lagi.

salamka salamki

Catatan : Lakukanlah semua ini dengan tertib, sebagaimana hadits nabi : “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Al-Bukhari). Maka apabila seseorang menyalahi urutan rukun shalat sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam, seperti mendahulukan yang semestinya diakhirkan atau sebaliknya, maka batallah shalatnya.

About these ads

61 responses to this post.

  1. assalamualaikum..

    terima kasih infonya…:)

    Balas

  2. Posted by comei on September 7, 2009 at 3:32 am

    terime kasih………..banyak22

    Balas

  3. assalamualaikum……

    terimakasih karna telah berbagi pengetahuan……

    Balas

  4. salam perkenalan

    Balas

  5. makasih ilmunya…….
    sangat berguna untuk yang belajar sholat seperti saya

    Balas

  6. Posted by Ismi on Desember 1, 2009 at 10:03 am

    Terimakasih ya….

    Balas

  7. Posted by ichi on Januari 20, 2010 at 4:05 pm

    terima kasih … atas ilmunya semoga allah membalas semua kebaikanmu….

    Balas

  8. Posted by rezeki on Februari 2, 2010 at 12:55 am

    “”” Saya suka ini………….

    Balas

  9. Posted by Dayinta on April 1, 2010 at 9:38 am

    wahhh… lengkap sekali…. terimakasih,ya <3

    Balas

  10. Posted by agus on April 6, 2010 at 9:08 am

    maaf ya, terkadang saya bingung ada buku yang bacaan tahiyat itu di antara muhammad dan ibrohim itu ada sayidina nya dan ada juga fila alamina innaka hamidumajid
    mana yang benar?

    Balas

  11. Posted by ibrahim on April 10, 2010 at 3:08 am

    apa doa seudah tahiyat akhir sebelum salam

    Balas

  12. Posted by ariel on April 20, 2010 at 8:44 am

    Alhamdulilah terima kasih ya Allah

    Balas

  13. Posted by Didik wahono on Mei 7, 2010 at 10:10 am

    makasih infonya. Ini yang saya cari. Tangan kanan langsung mengepal ya?? dan telunjuk ke depan. mohon di balas

    Balas

  14. Posted by zain on Mei 20, 2010 at 7:45 am

    betul katanya, ttp biasanya disebut
    fil alamina innaka hamiidum majiid
    saya juga turut khuatir
    sama ada fil alamina innaka tak perlu disebut?
    sesiapa yg mengetahuinya mahupun ustaz atau
    penceramah bebas sila terangkan dgn saya.
    saya ingin mempelajarinya (maaf kalau tersalah ejanya)

    Balas

  15. Posted by nnnnn on Mei 27, 2010 at 12:28 am

    kpd pmilik blog,jika salah mmbca tetapi,niatnya kuat karna baru belajar shalat g mna ???

    Balas

  16. Posted by bobbi_santiqu on Juni 6, 2010 at 6:21 am

    Assalamualaikum
    maaf saya sudah mampir ke blog saudara
    blognya bagus juga.
    trimksh

    Balas

  17. Posted by aldin on Juni 9, 2010 at 9:03 pm

    bacaan sholat, itu kalo di baca pelan2, ternyata baik untk kesehatan kita, dimana sekarang obat utk sakit kian mahal, gerakan sholat juga membuat badan kita olah raga, sangat menyehatkan

    Balas

  18. Posted by Ferdi on Juni 27, 2010 at 12:45 am

    Trimakasih infonya..

    Balas

  19. Posted by reza on Juli 13, 2010 at 6:14 pm

    Assalamualaikum wr.wb .

    Mau nanya ,di Tahiyat akhir di ” Kamaa sholaita ‘ala Ibrahiim wa ‘ala aali Ibrahiim, wa baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa baarakta ‘ala Ibrahiim wa ‘ala aali Ibrahiim, innaka hamiidum majiid.”

    Tapi saya di ajarkan guru ngaji saya ,memang sama cuman ada bedanya sdikit .
    “Kamaa sholaita ‘ala Syaidinna Ibrahiim wa ‘ala aali Syaidinna Ibrahiim, wa baarik ‘ala Syaidinna Muhammad wa ‘ala aali Syaidinna Muhammad, kamaa baarakta ‘ala Syaidinna Ibrahiim wa ‘ala aali Syaidinna Ibrahiim, innaka hamiidum majiid.”

    Perbedaan sdikitnya cuman pake “Syaidinna ”
    Apa engga knapa napa ?

    Balas

  20. Posted by aiman on Agustus 4, 2010 at 3:35 pm

    terima kasih ats segala nya……

    Balas

  21. Posted by ullan on September 2, 2010 at 8:00 am

    alhamdulillah,
    thank you atas info’a .. :)

    Balas

  22. Posted by seggi on September 15, 2010 at 3:32 pm

    terimakasih bro, konflik akhir” ini semakin meyakinkan saya untuk lebih rajin sholat demi menjaga kebenaran agama saya

    Balas

  23. Posted by Arsyl on September 20, 2010 at 5:03 am

    Assalamu alaikum…
    Da yg bilang dlm tahiyyah pakai ‘fil aalaminaa’ kmudian baca ‘innakaa haamidun majid’..
    Pa itu benar??
    Wassalmualaikum…

    Balas

    • Posted by yudist lanest on Oktober 30, 2010 at 3:44 pm

      terimakasih inponya, dan aqu akan mempelajarinya trimakasih yg sebesar2nya comaga alah membalas kebaikan mu amin….

      Balas

  24. Posted by Siti Qamariah on Oktober 24, 2010 at 2:36 pm

    terima kasih banyak2…maklumat amat berguna..

    Balas

  25. smoga artikel anda berguna bagi yang membutuhkann

    Balas

  26. Posted by nizam on Februari 11, 2011 at 5:40 am

    ustaz, terima kasih. saya hendak mula sembahyang. :)

    Balas

  27. Posted by Amrina on Maret 30, 2011 at 11:32 am

    makasih :D

    Balas

  28. terimakasih banyak ya infonya, berguna banget nih :D

    Balas

  29. Posted by aminurrashid shahrudin on Mei 11, 2011 at 6:29 am

    moga Allah merahmati anda semua…..AMIN……

    allahhuakbar…!!!

    Balas

  30. TRIMAKASIH ATAS INFORMASINYA SANGAT BERMANFAAT DI KEHIDUPAN MASA DEPANKU.

    Balas

  31. Posted by siti hafizah suhaimi on Juni 25, 2011 at 12:14 pm

    asalammualaikum…
    trima ksh atas infonya…….sngat berguna untk hdup sya….

    Balas

  32. Posted by jewel on Juli 7, 2011 at 3:35 am

    terima kasih banyak2 dengan info ini..

    Balas

  33. Posted by Irawan on Juli 18, 2011 at 10:44 am

    alhamduLILLAH sangat bermanfaat
    yaa akhi
    semoga dapat berjumpa disurga bersama-sama kelak
    amin
    syukron

    Balas

  34. Posted by fazreen haziq on Agustus 4, 2011 at 1:19 pm

    terima kasih banyak2. ini banyak membantu saya utk menghafal.

    Balas

  35. assalamualaikum
    terima kasih

    Balas

  36. Posted by Ukie on Oktober 6, 2011 at 6:24 pm

    Syukron…terima kasih yah…sangat brmafaat bagi kami sekeluarga…

    Balas

  37. كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَسْتَفْتِحُ الصَّلاَةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ بِ (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ وَلِكَنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِىَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِىَ جَالِسًا وَكَانَ يَقُولُ فِى كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ الْيُمْنَى

    Balas

  38. Terima kasih mas atas pemberitahuannnya

    Balas

  39. Posted by noor soffia on November 8, 2011 at 3:24 pm

    saya ske info ni btw thx :)

    Balas

  40. Posted by deni on November 15, 2011 at 12:28 pm

    dalam tulisan arabnya koq ga ada? bagaimana tahu bacaannya benar apa ngga?

    Balas

  41. TERIMA KASIH SEMOGA BERGUNA SAMPAI AKHIR HIDUPKU.

    Balas

  42. Posted by mohd zharif on Desember 4, 2011 at 5:21 pm

    trima kasih krna tlg sya bca tahiyat akhir……sbelum ni sya bca x btul

    Balas

  43. asalam
    terima kasih sbb dh ajar sye mcm mne doa tahiya akhir

    Balas

  44. Posted by irwan on Desember 22, 2011 at 2:36 am

    alhamdulillah, semoga bermanfaat untuk kehidupan saya dan keluarga di dunia ini. amiiin

    Balas

  45. Posted by anshary on Desember 24, 2011 at 7:12 am

    ass. afwan. ada koreksi dikit. Setelah kami teliti hadis2 ttg itu, ternyata bacaan tahyat awal dan akhir itu sama tidak ada hadis yang menghususkan bacaan tahyat awal hanya sampai salawat atas Muhammad. Thdp bacaan salawat di atas sudah sesuai dengan hadis shahih, tanpa pakai saidina dan tanpa pakai fil alamina. Tapi langsung innaka hamiidun majiid. Trims smg bermanfaat.

    Balas

  46. skarang sye blh lh smbayang dngn lengkap kerana sye dh blh membaca doa tahiyah awal dan akhir

    Balas

  47. makasih bgt ya info nya makasih bgt

    Balas

  48. Posted by arie ratama on Januari 31, 2012 at 2:18 pm

    siiipppp………

    Balas

  49. trima kasih . . .
    semoga ini jalan taubat buat saya . . . . .

    Balas

  50. islam itu indah

    Balas

  51. allah maha besar

    Balas

  52. Posted by reen_een@yahoo.com on Maret 23, 2012 at 5:21 am

    terima kasih tunjuk ajar

    Balas

  53. Jazakallah Khairan katsiron saudara, semoga Allah membalas kebaikan mu :)

    Balas

  54. Alhamdulillah
    Kita memang harus memperhatikan hal-hal kecil dalam sholat, dan ini mah lengkap gambar.
    Salam kenal kk

    Balas

  55. Posted by feri frendi on Juni 7, 2012 at 8:43 am

    ada yg bilang sama saya kalo duduk tahiyat awal itu duduknya sama saat duduk antara dua sujud.
    apa itu benar ustaz?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: